Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemailku

Pages

Friday, March 8, 2013

' penjajahan baru '


pabrik garment ...
tempat para buruh memproduksi pakaian jadi
dan aku benci tempat itu
sumpah! aku benci!

sejak pertama memasuki ruang produksi
aku merasa seperti memasuki kandang macan
sebuah ruangan yang penuh dengan amarah

dimana - mana
para atasan teriak minta target
keliling bawa obeng panjang
diadu ke setiap meja
berkata kasar
bahkan isi kebun binatangpun dikeluarkan

setiap saat
aku dengar orang mencaci
setiap waktu
aku dengar orang dimaki

"Dasar nggak punya otak! Setiap hari kerjanya keteter terus! Saya minta target 50 per jam, kenapa kamu kasih 30? Matamu buta nggak lihat papan target berapa?"

teriak seorang atasan sambil menendang bangku dan memukul punggung pekerja dengan papan target

kawanku yang dimaki
mataku yang berkaca - kaca
betapa tidak
aku lihat wajah kawanku itu seperti orang bego

(kutepis bayang ibu yang selalu hadir saat aku sedih, agar tangisku tak makin jadi)

dan aku mulai bertanya - tanya dalam hati ...
bukankah kami bekerja dinegeri kami sendiri?
dan atasan - atasan kami adalah orang - orang sebangsa dan setanah air?
kenapa seperti ini?
kenapa harus begini?

pertanyaan - pertanyaan itu terus mengganggu pikiranku
hingga aku pulang dan tertidur
baru kutahu setelah berorganisasi
semua itu akibat kapitalisme


(KBN Cilincing, 29 September 2006)

Photo Source:  Private Collection


No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates